Adakah Pneumonia Merbahaya?

OLEH: Abu Syafia Imani

Pneumonia adalah penyakit yang lebih kepada masalah virus/kuman atau nanah dalam paru2

Penyakit ini bukan saja boleh terjadi pada orang dewasa hatta bayi pun terkena skali.penyakit ini berbahaya tapi masih boleh dirawat ..pneumonio antara punca masalah besar di beberapa kawasan miskin .Seperti di philipina Dan indonesia Serta beberapa kawasan negara Afrika Dan kawasan perperangan..

Jenis-jenis pneumonia.

Penyakit pneumonia dapat dikelompokkan dalam beberapa hal, yaitu berdasarkan dengan penyebab, di mana penyakit ini didapatkan, serta bagaimana paru-paru basah tersebut ditularkan.

Jenis pneumonia berdasarkan penyebabnya

Pneumonia bakteria. Bakteria yang paling sering menyebabkan kondisi paru-paru basah ini terjadi yaitu Streptococcus pneumoniae. Sementara, Chlamydophlla pneumonia dan Legionella pneumophila juga bakteri penyebab paru-paru basah.

Pneumonia viral. Virus sering kali menjadi penyebab dari penyakit pneumonia pada anak. Biasanya, gangguan yang disebabkan oleh virus ini, tidak terlalu serius dan hanya terjadi dalam waktu yang sebentar saja ketimbang gangguan kesihatan yang diakibatkan oleh bakteria.

Pneumonia mycoplasma. Mycoplasma adalah organisme yang bukan berasal dari jenis virus maupun bakteri, tetapi dapat mengakibatkan gangguan yang sama. Biasanya, paru-paru basah jenis ini dialami oleh anak-anak yang sudah beranjak remaja serta dewasa

Pneumonia jamur. Penyakit jenis ini sering kali menyerang pasien yang mengalami penyakit kronis atau orang yang memiliki sistem imun yang rendah. Jamur yang jadi penyebab pneumonia biasanya berasal dari tanah.(sumber dari hellosihat.com)

Penyakit ini boleh dikesan melalui simpton dibawah 

Batuk
Hidung tersumbat.
Muntah.
Demam
Mengi atau nafas berbunyi.
Kesulitan untuk bernapas, dada dan perut menggembung.
Terasa nyeri di bagian dada.
Menggigil
Merasa sakit pada bagian perut
Tiada nafsu makan
Menangis lebih dari kebiasaan
Tidak boleh tidur
Pucat dan lesu.
Pada kes yang parah, bibir dan kuku jari boleh berubah warna menjadi kebiruan atau pucat

Jika Ada tanda2 dibawah boleh rujuk pakar..jangan biarkan nanti menyesal tak kesudah..

Punca terjadi penyakit ni.

Persekitaran
Jangkitan dari orang yang sakit.
ASAP rokok (ni faktor paling banyak terjadi pada bayi.)

Jadi mana2 bapa yang merokok boleh tnggalkan budaya tak sihat tu.jangan ambil mudah. Tak kena lagi memang rasa kelakar tapi bila kena baru menyesal.


___________________________
Abu Syafia Imani

Comments